Secercah Sinar di Aqabah
Muhammad memiliki darah Yatsrib. Kakeknya, Abdul Muthalib, adalah
putra perempuan Khazraj paling disegani, Salma. Di saat Muhammad dimusuhi
masyarakatnya sendiri di Mekah, orang-orang Yatsrib tengah mencari figur
pemimpin yang dapat menyatukan mereka. Muhammad adalah figur yang memenuhi
harapan itu.
Proses pencarian pemimpin itu berlatar pada kemelut yang menimpa
bangsa Arab di Yatsrib, yang terbagi atas kabilah Khazraj dan Aus. Berbeda
dengan masyarakat Mekah yang cenderung kasar dan berprofesi dari pedagang
hingga perampok, orang-orang Yatsrib umumnya adalah petani yang santun dan
lembut hati. Namun mereka baru mengalami tragedi memilukan, yakni pertempuran
antara bani Khazraj dan Aus yang berpuncak pada insiden Buth'ah.
Pada mulanya, kedua kabilah itu hidup rukun. Mereka umumnya hanya
pekerja kecil. Sedangkan perekonomian dan kehidupan sosial dikendalikan Yahudi.
Namun Yahudi dihancurkan kerajaan Romawi, termasuk di Yatsrib. Romawi bahkan
menggunakan orang-orang Aus dan Khazraj untuk menggusur posisi Yahudi.
Orang-orang Yahudi tak ingin kehilangan kendali atas kota itu. Maka mereka
memprovokasi kedua kabilah tersebut sehingga perang.
Aus sempat kalah melawan Khazraj. Mereka melarikan diri ke arah
Najd hingga Abu Usaid Hudzair berbalik arah dan bertekad untuk memerangi
Khazraj sampai mati. Orang-orang Aus terbakar oleh semangat Abu Usaid. Mereka
ganti menyerbu Khazraj. Kebun-kebun kurma dan rumah-rumah mereka bakar habis.
Abu Usaid keluar masuk rumah demi rumah untuk membunuh setiap penghuninya. Abu
Qais datang mencegahnya dengan mengatakan bahwa "Bertetangga dengan mereka
(Khazraj) lebih baik dari bertetangga dengan rubah (Yahudi)."
Pertikaian hanya akan membuat kerusakan bersama. Itu keyakinan
mereka. Kedua kabilah itu lalu bertekad membangun kehidupan baru. Beberapa
orang Yatsrib telah mengenal Muhammad saat mereka berziarah, serta saat mencari
persekutuan dengan Mekah. Seorang pemuda Yatsrib, Iyas bin Mu'adh, bahkan telah
masuk Islam. Di saat masyarakatnya berembug mencari pemimpin itu, pemuka Yatsrib
yang tengah berziarah ke Mekah bertemu dengan Muhammad. Ia, Suwaid bin Shamit,
malah masuk Islam setelah Muhammad memperdengarkan ayat-ayat Quran.
Pada musim ziarah di bulan suci tahun berikutnya, 12 orang utusan
warga Yatsrib pun menemui Muhammad. Mereka bertemu di bukit Aqaba pada hari
Tasriq -hari setelah Idul Adha- setelah menempuh perjalanan secara
sembunyi-sembunyi. Mereka kemudian berikrar yang disebut sebagai ikrar Aqaba
pertama.
Isi ikrar itu adalah pernyataan untuk hanya menyembah Allah, tidak
mencuri, tidak berzina, tidak membunuh anak-anak, tidak mengumpat dan memfitnah
baik di depan maupun belakang, tidak menolak berbuat baik. Siapa yang mematuhi
semua itu akan memperoleh pahala surga, jika ada yang menyalahinya maka
persoalannya diserahkan pada Tuhan. Tuhan berkuasa untuk menyiksa serta
berkuasa mengampuni segala dosa.
Muhammad kemudian menugasi Mushab bin Umair ikut bersama mereka ke
Yatsrib. Ia bertugas mengajarkan Islam pada warga kota itu. Mushab pula yang
melaporkan pada Muhammad kesungguhan orang-orang Yatsrib untuk memeluk Islam.
Pada 622 Masehi, rombongan kedua warga Yatsrib tiba menemui
Muhammad. Mereka sebanyak 73 orang laki-laki dan dua perempuan. Setelah saling
mengucap janji setia, Muhammad meminta mereka memilih 12 wakil. Dua belas orang
itu yang mengucap ikrar di tengah gelap malam di celah bukit Aqaba. Sebelum
ikrar, warga Yatsrib sempat minta Muhammad agar mengingatkan Bara' bin Ma'rur
yang dalam salatnya selalu menghadap ke Mekah, agar mengalihkannya ke arah
Baitul Maqdis sebagaimana Muhammad dan yang lain.
Pertemuan Aqaba itu bocor ke telinga orang-orang Qurais. Mereka
segera pergi ke sana. Namun orang-orang telah pergi, kecuali Saad bin Ubada
yang masih berada di Aqaba. Saad kemudian dibawa ke Mekah dan disiksa. Ia diselamatkan
Jubair bin Mut'im yang pernah ditolongnya dalam perjalanan ke Syam.
Persekutuan telah diikat. Muhammad telah membuat langkah strategis:
bersumpah setia dengan warga Yatsrib. Jika terjadi sesuatu pada Muhammad, kini
bukan saja keluarga Hasyim yang akan membela. Orang-orang Yatsrib yang juga
mempunyai ikatan darah dengan Muhammad akan pula bertindak. Apalagi orang-orang
Yatsrib itu telah memeluk Islam.
Nilai strategis langkah Muhammad semakin nampak bila melihat posisi
Yatsrib yang berada di jalur perdagangan Mekah dengan Syam. Orang-orang Qurais
akan kesulitan untuk berdagang ke Syam jika bermusuhan dengan warga Yatsrib.
Keadaan demikian semakin membuat gusar orang-orang Qurais.
Mereka lalu merancang siasat. Dalam pertemuan di Darun Nadwa, mereka
bersepakat. Para pemuda dari setiap kabilah akan ditugasi membunuh Muhammad
secara bersama untuk kemudian berpencar. Dengan demikian kesalahan tidak dapat
ditimpakan pada salah satu kabilah. Setelah itu, mereka secara bersama akan
membayar kematian itu dengan tebusan unta.
Bau amis darah semakin kuat tercium. Namun Muhammad tampak
tenang-tenang saja. "Jangan tergesa-gesa," kata Muhammad ketika Abu
Bakar minta izin untuk hijrah ke Yatsrib.
sumber : www.pesantren.net
No comments:
Post a Comment