• Gambar ini diambil saat acara Walimatul Ursy Zuslam Sulthoni di Sidoharjo (19-Okt-2013)

  • Khataman penulisan Al-Qur'an Akbar di Wonosobo 2009

  • Live Perdana di daerah Boyolali (2012)

  • Masjid Agung Demak masuk dalam sejarah El-Musyaddad

  • Salah satu tempat kerajinan terbang di Demak

  • Penampilan perdana setelah resmi dengan "El-Musyaddad" Ramadhan 17, 1433 H

Monday 15 July 2013

Sedekah itu Indah

Semua ada Sedekahnya

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله ُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلُّ سُلاَمَى عَلَى النَّاسِ صَدَقَةٌ، كُلُّ يَوْمٍ تَطْلُعُ فِيْهِ الشَّمْسُ  تَعْدِلُ بَيْنَ اثْنَيْنِ صَدَقَةٌ، وَتُعِيْنُ الرَّجُلَ فِى دَابَّتِهِ فَتَحْمِلُهُ عَلَيْهَا اَوْ تَرْفَعُ لَهُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقَةٌ وَالْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ، وَبِكُلِّ خُطْوَةٍ تَمْشِيْهَا اِلَى الصَّلاَةِ صَدَقَةٌ وَ تُمِيْطُ الاَذَى عَنِ الطَّرِيْقِ صَدَقَةٌ. (رواه البخارى ومسلم)
Makna Hadis
Dari Abu Hurairah r.a. dia berkata: Rasulullah saw. Bersabda: Setiap anggota tubuh manusia wajib disedekahi, setiap hari di mana matahari terbit lalu kamu berlaku adil terhadap kedua orang (yang bertikai) adalah sedekah, kamu menolong seseorang yang berkendaraan lalu kamu bantu dia untuk naik kendaraannya atau mengangkatkan barangnya adalah sedekah, ucapan yang baik adalah sedekah, setiap langkah kamu berjalan menuju salat adalah sedekah dan menghilangkan gangguan dari jalan adalah sedekah. (HR. Bukhari & Muslim)

Kandungan Hadis
1.         Bersyukur kepada Allah swt setiap hari atas nikmat kesehatan anggota badan.
2.        Allah telah menjadikan setia anggota badan untuk menolong hamba-hamba Allah swt, bersedekah kepada mereka dengan menggunakannya sesuai kemaslahatan adalah sebagai wujud syukur kepada Allah atas nikmak-Nya
3.        Menahan tangan dan lisan untuk tidak menyakiti orang lain adalah sedekah.
4.        Jasad harus dikeluarkan zakatnya sebagaimana harta ada zakatnya. Zakat badan adalah melakukan perbuatan baik, bersedekah, dan menggunakannya sesuai kemaslahatan.
5.        Anjuran untuk mendamaikan kedua belah pihak, tolong menolong, mengucapkan kalimat terpuji, mendirikan salat, menjaga kelestarian alam.
6.        Anjuran untuk menegakkan keadilan, karena Maha Adilnya Allah lah ditegakkan langit dan bumi.

Dikutip dari kitab Arbaun Nawawi by Imam Nawawi

No comments:

Post a Comment